Kamis, 17 Maret 2016

PENGALAMAN PRIBADI BERTEMA " LIBURAN "

LIBURAN KE YOGYAKARTA

Selang satu minggu setelah Ujian Nasional, murid kelas 9 SMPN 2 GEDEG akan berlibur ke Yogyakarta. Kita berangkat hari Sabtu setelah sholat isya’ dan berkumpul di Balai Desa Losari. Sesampainya di Balai Desa, kita harus berkumpul dahulu untuk di absen dan diberi arahan oleh para guru. Setelah semuanya selesai, kita memasuki bis masing-masing. Aku langsung mencari tempat duduk yang telah disiapkan. Suasana di dalam bis sangat ramai, karena teman-teman sibuk dengan barang bawa’an dan tempat duduk mereka.
            Bis berangkat pukul 19.30 WIB. Salah satu guru memimpin berdo’a agar selamat sampai tujuan. Suasana di dalam bis masih ramai. Salah satu teman ku meminta untuk memutarkan film 5 cm. Kita menikmati film tersebut. Setelah film selesai, kita meminta untuk diputarkan lagu dan karaoke di dalam bis. Suasana pun semakin ramai. Tidak terasa sudah larut malam. Tapi semua yang ada di dalam bis belum ada yang tidur. Teman-teman malah asyik bernyanyi.
            Pada pukul 23.00, bis berhenti di pom bensin untuk mengisi bensin dan untuk murid-murid atau guru-guru yang mau ke toilet. Pada saat itu, bis yang lain masih belum terlihat. Akhirnya kita memasuki bis dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 00.00. kita terasa sedikit lelah karena dari tadi bercanda gurau. Dan akhirnya kita tertidur pulas.
            Pukul 03.00 pagi kita sampai di Pantai Parang Tritis. Kita segera membangunkan teman-teman yang masih tertidur. Kita bersiap-siap untuk mandi atau sekedar cuci muka atau buang air kecil. Kita menunggu shubuh dan bergegas untuk mengambil air wudhu dan sholat shubuh  berjama’ah. Setelah sholat, kita kembali membereskan barang-barang yang ada di dalam bis. Setelah itu, kita keluar bis untuk menuju ke Pantai Parang Tritis. Suasananya sudah cukup ramai. Udara disana juga sangat dingin. Rasanya aku masih ingin tidur di dalam bis. Tapi, aku tidak mau melewatkan suasana sun rice tersebut.
            Setelah berjalan cukup lama, kita sampai di Pantai Parang Tritis. Suasananya sangat indah sekali. Kita asyik bermain air, bermain pasir dan berfoto-foto. Seakan-akan tidak mau pulang. Banyak foto yang aku ambil saat itu. Aku tidak mau melewatkan momen indah tersebut bersama teman-teman ku.
            Sudah cukup lama kita bermain, guru-guru menyuruh kita untuk berganti baju dan membersihkan badan. Karena basah akibat bermain air dan pasir di pantai tadi. Selesai ganti baju, kita langsung menuju ke bis masing-masing dan melanjutkan perjalanan.
            Tujuan selanjutnya ke rumah makan untuk sarapan pagi. Waktu yang ditempuh hanya 30 menit dari pantai. Sesampainya di rumah makan, semuanya turun dari bis dan segera mengambil makanan. Kita makan bersama-sama. Momen yang sangat menyenangkan. Selesai makan, kita langsung menuju bis kembali untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.
            Tujuan selanjutnya ke Malioboro. Sesampainya di Malioboro aku tidak langsung turun. Aku membereskan barang-barang terlebih dahulu. Cuaca sangat panas, beda sekali dengan di Pantai tadi. Teman-teman mengajak untuk keluar dan  berjalan-jalan di Malioboro. Saat di jalan Malioboro, aku dan teman-temang mengabadikan momen tersebut. Kita berfoto di bawah tulisan JL.MALIOBORO.
            Selanjutnya, aku dan teman-teman berjalan menyusuri Malioboro. Semua barang-barang dijual disana. Seperti makanan, minuman, baju, tas, aksesoris, dan oleh-oleh lainnya. Kita tidak hanya bertemu dengan orang lokal, tapi juga bertemu dengan bule J.
            Saat berjalan  menyusuri Malioboro, aku dan teman ku akhirnya memilih untuk membeli kaos. Kita membeli kaos yang sama persis. Setelah membeli kaos, kita melanjutkan menyusuri Malioboro. Tidak terasa, sudah cukup lama aku dan teman-teman berjalan-jalan. Akhirnya kita memutuskan untuk membeli minuman di seberang jalan.
Orang-orang disana sangat ramah. Keadaan kotanya juga cukup bersih dan sejuk. Rasanya aku ingin tinggal disana. Setelah membeli minuman, aku dan teman-teman mencari teman yang sejuk. Kita duduk-duduk di depan toko oleh-oleh khas Yokyakarta, yaitu kue bakpia. Aku membeli bakpia untuk oleh-oleh.
Waktu sudah menunjukan pukul 14.00. semua murid di suruh memasuki bis dan melanjutkan perjalan. Di dalam bis kita saling bercerita tentang barang elanjaan yang telah dibeli. Ternyata teman-teman yang lain juga membeli kaos dan oleh-oleh.
Tujuan terakhir adalah ke Candi Borobudur. Tempat yang sangat aku nanti-nantikan. Beberapa jam kemudian kita sampai di tempat tujuan. Tidak terasa, karena di dalam bis kita tertawa bersama, bersenang-senang. Kita langsung disuruh turun dari bis. Kita sangat senang. Lalu, kita mengikuti guru-guru untuk memasuku area Candi Borobudur. Berjalan cukup jauh, tapi akhirnya sampai juga. Kita tidak langsung masuk, harus menunggu guru yang membeli tiket untuk rombongan SMPN  GEDEG.
Setelah lama menunggu, akhirnya tiket pun dibagikan. Kita langsung memasuki area Candi. Sungguh menakjubkan, pemandangan yang sangat indah. Kita berjalan sambil menikmati emandangan di sekitar. Sudah terlihat bentuk Candi dari kejauhan. Kita sangat bersemangat. Menaiki satu persatu anak tangga. Rasa lelah terbayarkan saat kita sampai di puncak Candi Borobudur.
Kita mengabadikan momen indah tersebut. Berfoto-foto dengan teman-teman dan guru. Bahkan kita juga berfoto dengan pengunjung dari luar negeri. Meskipun cuaca sangat panas, tapi kita tetap bahagia menikmati keindahan yang di anugerahkan oleh sang pencipta.
Tidak terasa waktu sudah mulai sore. Guru-guru menyuruh untuk turun. Di saat berjalan pulang, di sekitar banyak orang yang menjual oleh-oleh dari Yogyakarta. Kita membeli minum, karena kehausan setelah menaiki dan menuruni anak tangga. Setelah tiba di bis, kita langsung di suruh makan. Teman-teman sibuk dengan barang belanjaannya. Tapi aku asyik makan dan minum J.
Perjalanan pun dilanjut. Hari sudah mulai larut malam. Teman-teman tertidur pulas karena kecapekan. Akhirnya aku juga ikut tertidur. Tidak terasa bis tiba-tiba berhenti di pusat oleh-oleh di Yogyakarta. Tapi aku tidak turun dari bis. Aku merasa kurang enak badan, mungkin sedikit kecapekan.
Setelah semua selesai membeli oleh-oleh, bis segera menuju perjalanan pulang. Susana di bis begitu hening. Perjalanan cukup lama. Tidak terasa sudah pukul 02.00 pagi. Rombongan SMPN 2 GEDEG tiba di Balai Desa Losari. Aku langsung bangun dan berkemas, memasukkan semua barang-barang ke dalam tas. Rasanya aku masih mengantuk, ingin cepat-cepat tidur di rumah.
Bis yang aku tumpangi tiba di Balai Desa terlebih dahulu. Aku dan teman-teman langsung turun dari bis. Aku duduk-duduk di Balai Desa dengan  teman yang juga lagi menunggu di jemput. Disana sudah banyak orang tua yang menjemput anaknya pulang.
Setelah menunggu lama, akhirnya aku di jemput dan pulang. Suasana di jalan sangat sepi dan dingin sekali. Tidak lama kemudian aku sampai di rumah. Aku tidak sempat membereskan barang bawa’an ku, karena aku sudah mengatuk. Aku langsung berganti pakaian dan tidur pulas. Dan pagi harinya aku bangun jam 09.00. Sungguh momen terakhir dengan teman-teman SMP yang sangat indah. Kenangan yang tidak akan pernah aku lupakan J