Kamis, 24 Maret 2016

Materi sepak bola dan bola voly



Pengertian Permaianan Sepak Bola
Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu "Sepak": dan "Bola". Sepak atau meyepak dapat di artikan menendang (menggunakan kaki) sedangkan "bola" yaitu alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak/tendang oleh para pemain kian kemari. Jadi secara singkat pengertian Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan.
Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
·    Teknik menendang bola
Yaitu teknik menyentuh atau mendorong bola menggunakan kaki. Teknik ini merupakan faktor yang dominan dalam permainan sepak bola. Teknik menendang bola dapat di bagi menjadi beberapa bagian:
1.Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
2. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar.
3. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung.
Pelaksanaan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam adalah sebagai berikut    :
1. Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
2. Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posis pergelangan kaki diputar ke arah luar.
3. Selanjutnya tendang bola dengan sentuhan kaki bagian dalam, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:


Pelaksanaan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar adalah sebagai berikut      :
1. Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
2. Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah dalam.
3. Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian luar, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:
Pelaksanaan teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung adalah sebagai berikut :
1. Sikap badan dibelakang bola dan agak condong ke depan, salah satu kaki didepan sebagai kaki tumpu dan menghadap ke sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.
2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunka ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, sedangkan perkenaan terhadap bola berada ditengah-tengah.
3. Selanjutnya gerakan kaki mengikuti arah lepasnya bola, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:
·      Teknik Menghentikan Bola
Yaitu sikap dan gerakan untuk menahan atau menghentikan bola yang datang ke arah kita. Teknik menghentikan bola ada beberapa macam yaitu     :
1. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam.
2. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar.
3. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung.
4. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak/sol sepatu.
5. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha.
6. Teknik menghentikan bola menggunakan dada dan perut.
7. Teknik menghentikan bola menggunakan kepala..
Pelaksanaan Teknik menghentikan bola menggunakan kaki pada dasarnya hampir sama dengan teknik menendang bola, perbedaannya pada teknik menghentikan/menahan bola dengan kaki, bola kita songsong/stop/tahan, sedang pada teknik menendang bola kita dorong/tendang. Untuk lebih jelas perhatikan gambar teknik menghentikan bola menggunakan bermacam cara di bawah ini:
·         Teknik Menggiring Bola
Menggiring bola yaitu, mendorong bola atau menentang bola ke depan secara pelan dengan variasi ke samping sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dalam penguasaan pemain.Teknik menggiring bola dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung baik menggunakan kaki kanan, kaki kiri, atau kaki kanan dan kiri secara bergantian. 

·         Teknik Menyundul Bola

Menyundul bola adalah gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya bagian dahi, gerakan ini dilakukan jika bola berada di udara atau melayang. Berikut ini contoh gambar pemaian sedang melakukan menyundul bola.

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola
Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter.Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang.Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.

http://www.volimaniak.com/

Detail Rinci lapangan Sepak bola Internasional adalah sebagai berikut :
  • panjang garis samping         : 100-120 m
  • Lebar                                 : 75-90 m
  • Jari-jari lingkaran tengah    : 9.15 m
  • Daerah Gawang                 : 18.3 x 5.5 m
  • Daerah Pinalti                   : 40.3 x 16.5 m
  • Jarak titik tendangan hukuman penalti dengan garis gawang : 11 m
  • Tinggi gawang berukuran     : 2.4 m
  • Lebar Gawang berukuran    : 7.3 m






Pengertian bola voli
Permainan bola voli adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang bertujuan untuk menjatuhkan bola voli ke daerah lawan menggunakan tangan. Jumlah pemain dalam satu regu yakni terdiri atas 6 orang pemain adapun jumlah pemain dalam satu tim adalah 12 orang pemain.
Berikut ini teknik dasar bermain bola voli :

1. Teknis Servis
http://teknikor.blogspot.com

Pengertian Servis Bola Voli adalah tindakan pertama kali untuk memulai sebuah permainan, dimana seorang pemain akan memukul bola ke arah lapangan lawan. Teknik servis perlu dikuasai untuk memastikan memperoleh point dalam keberhasilan servis yang dilakukan.
Teknis dasar service juga penting dipelajari dengan baik terlbih jika telah mengetahui pola permainan dan kekuatan lawan tentu akan lebih mudah. Bagaimana caranya agar bola masuk lapangan pihak lawan tanpa bisa dihadang atau ditanggulangi oleh lawan main. Teknis servis ada 2 yaitu bawah dan atas meliputi teknik floating overhand, round house, underhand, tenis serve, jumping dan
lain-lain. Beberapa teknik lain juga bisa dipelajari, namun dalam pelaksanaan saat pertandingan tetap harus melihat pola permainan lawan, artinya teknik akan selalu berubah sesuai permainan dan kemampuan lawan

2.Teknis Passing
http://teknikor.blogspot.com
Passing adalah sebuah tindakan atau teknik seorang pemain untuk mengoper bola terhadap teman seregunya agar bisa diterima dengan baik untuk selanjutnya melakukan serangan terhadap lawan main. Namun istilah serangan ini biasanya dengan smash, karena saat melakukan passing perlu adanya teknik kemahimahiran dalam memberikan bola agar mendapatkan umpan atau set-up untuk selanjutnya meyerang .


3.Teknis Smash
http://teknikor.blogspot.com
Teknik Smash merupakan suatu cara melakukan serangan dengan cara memukul bola dengan keras ke lapangan lawan dengan teknik-teknik tertentu agar tidak mudah di block pihak lawan. Smash bisa dilakukan dengan tujuan mematahkan serang dari lawan yang sudah memposisikan melakukan melakukan serangan balik.
Tenik dasar smash perlu juga dipelajari karena sangat penting dan termasuk teknik inti dalam memenangkan dalam sebuah perlombaan. Melakukan smash dengan pukulan keras bukan jaminan akan akan berjhasil membobol pertahanan lawan bahkan bukan tidak mungkin jika bola berhasil di tanggulangi akan menjadi senjata makan tuan.
Oleh karena itu teknik yang benar melakukan smash cara yang harus dipelajari, misalnya mencari posisi yang tepat untuk menjatuhkan bola dilapangan pihak lawan dengan cara melihat pola permainan atau kelemahan lawan .

4. Teknis Block
http://teknikor.blogspot.com

Block merupakan teknik dasar penting berikutnya untuk memastikan serangan atau smash yang dilakukan lawan bisa dipatahkan dan dikendalikan dengan baik. Balock bisa berarti benteng untuk membendung bola. Hanya saja melakukan block yang baik sangat tergantung latihan dan kekompakan karena biasanya keberhasilan melakukan block bola dengan smash yang sangat keras prosentasenya kecil sekali berhasil.

Ukuran Lapangan Bola Voli
Lapangan bola voli pada umumnya berbentuk persegi panjang dimana memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter.
Ukuran Garis Batas Lapangan Bola Voli
Untuk semua garis batas lapangan garis tengah serta garis daerah serang adalah 3 meter.
Garis batas sendiri memberikan tanda batas menggunakan tali kayu cat atau kapur dan kertas yang mana lebarnya tidak lebih dari 5 cm.
Ukuran Lapangan Bola Voli MAsing-Masing Tim
Lapangan permainan voli tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang mana luasnya adalah 9 x 9 meter.

Ukuran Daerah Service Bola VOli

Ukuran Daerah Service Bola VOli

Daerah servis merupakan sebuah area seluas 9 meter di belakang setiap garis akhir dimana garis tersebut dibatasi oleh dua buah garis pendek ke panjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir sebagai kepanjangan dari garis samping.

Gambar dan Ukuran Net Permainan Bola VOli

Ukuran Net Dalam Permainan Bola Voli

Untuk jaringan atau net dalam permainan bola voli ukurannya tidak boleh lebih dari sembilan koma lima puluh meter dengan lebar 1 meter dimana mata jaring atau petak petak berukuran 10 x 10 cm. 

Untuk tinggi net putra setinggi 20 43 meter sedangkan untuk putri setinggi 24 meter pada tepian atas jaring atau net terdapat sebuah pita putih selebar 5 centimeter
Ukuran Rod Dalam Permainan Olahraga Voli
Dalam setiap pertandingan olahraga bola voli baik skala nasional maupun internasional pada tas samping jaring atau net dipasang sebuah tongkat atau rod yang menonjol ke atas setinggi 80 cm dari bibir net atau tepi jaring. Tongkat tersebut dibuat dari bahan fiberglass yang memiliki ukuran 180 cm dan memiliki warna yang kontras.

2 komentar: