Kamis, 07 April 2016

WISATA






Wisata pantai Parangtritis berada di selatan Kota Yogyakarta tepatnya ada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul - Yogyakarta. Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta, untuk sampai di tempat ini sangatlah mudah  karena transportasi menuju ke pantai tersebut sudah banyak dan umumnya akan beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore hari saat terbenamnya matahari, pemandangan sunset yang cukup memikat dan panorama bibir pantai yang sangat mempesona menjadikan lokasi wisata ini sangat sayang sekali untuk tidak dinikmati.
Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, objek wisata Pantai Parangtritis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau biasa orang menyebutnya Ratu Kidul, dan merupakan penguasa laut selatan. sampai - sampai ada sebuah resort yang terinspirasi dari legenda tersebut sehingga memberinya nama Hotel Queen of the South.
Parangtritis juga disebut sebagai pintu gerbang dari kerajaan laut selatan, oleh karena itu masyarakat sekitar mempercayai apabila ada seseorang yang datang kesana menggunakan pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan mendapatkan musibah.

Asal - Usul Nama Pantai Parangtritis

Nama Parangtritis sendiri mempunyai kisah yang tersendiri, dimana kisah tersebut bermula pada jaman kerajaan Majapahit. Konon pada jaman tersebut ada seorang pangeran yang melarikan diri dari kerajaan dan datang ke tempat ini berniat untuk bersemedi. Nama pangeran tersebut adalah Pangeran Dipokusumo. setelah dia melakukan semedi dia melihat tetesan air yang berasal dari cela - cela karang. dan karena kejadian tersebut dia menamai kawasan itu menjadi Parangtritis.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Parangtritis

Menikmati keindahan Pantai memang sangat mengasikan. Di Parangtritis juga tersedia fasilitas seperti delman dan kereta kuda yang bisa Anda sewa untuk menikmati suasana pantai yang ada di Parangtritis. Menyusuri keindahan Pantai dengan menggunakan tersebut menjadi sensasi tersendiri.
Keindahan sunset juga bisa di nikmati di lokasi wisata ini, yang banyak dinanti - nanti oleh wisatawan yang datang ke Parangtritis. Bagi yang belum puas menikmati keindahan pantai di sore hari. Bisa juga melanjukan sampai malam hari sambil menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan pada saat malam hari.

Jajanan Yang Ada di Pantai Parangtritis

Menikmati suasan pantai dengan disuguhi jajanan khasnya memang menjadi moment yang sangat menyenangkan, menambah rileks saat berlibur, disini bisa juga menemui pedagang - pedagang yang menyajikan jajanan seperti jagung bakar serta minuman es kelapa muda, yang semuanya cocok sekali dinikmati di pinggir pantai, selain itu bagi yang ingin membawa oleh - oleh dari Parangtritis, akan menemukan toko yang menjual berbagai kerajinan khas Yogyakarta.

Tips Berwisata Ke Parangtritis

1. Jangan Berengan Hingga Ketengah
Besarnya ombak yang ada di Pantai Parangtritis beresiko akan menyeret Anda ke tengah, jadi jangan sampai berenang manjauhi bibir pantai, agar keselamatan Anda tetap terjaga, bagi Anda yang membawa anak kecil, dampingi aktifitas dia.

2. Berkunjung Sampai Sore Hari
Menikmati suasana pantai Parangtritis memang cocok sekali apabila kita mengunjunginya sampai sore hari, jadi Anda bisa lebih puas berwisata disini, karena Anda juga bisa melihat pesona sunset di Pantai Parangtritis yang sangat mempesona.

3. Membawa Topi Dan Kacamata
Perlengkapan ini berguna apabila Anda datang pada saat siang hari, udara panas pantai akan bisa teratasi dengan adanya topi yang Anda bawa, selain itu kilauan cahaya matahari juga bisa diatasi apabila Anda menggunakan kaca mata.

4. Tidak Perlu Kuatir Kemalaman
Dilokasi ini juga telah disediakan penginapan - penginapan yang bisa Anda sewa selama berwisata ke Pantai Parangtritis, tentunya harganya juga sangat terjangkau bagi Anda. jadi Anda tidak perlu kawatir apabila mengunjungi tempat ini hingga larut malam.

5. Datang Pada Malam Tahun Baru Jawa
Lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada waktu malam Tahun Baru Jawa atau malam 1 Suro / Muharam, jadi apabila Anda berniat ingin menyaksikan keramaian di Pantai Parangtritis maka datanglah pada waktu tersebut.
Itulah sedikit informasi tentang witasa Parangtritis. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan bisa menjadi referensi untuk mencari tempat liburan. Oke see you ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar